Kamis, 20 Februari 2014

Interesting and Annoying Site ...

Hai ...

Ini posting pertama, sempat bingung juga untuk posting pertama ini apa, tetapi sekalian mengerjakan tugas kuliah, jadilah posting pertama ini tentang review halaman website.
Kita membicarakan tentang halaman situs yang menarik atau menjengkelkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila kita ingin menyebut suatu halaman website menarik atau menjengkelkan.
Hal tersebut adalah :
  • Penggunaan warna yang tepat
  • Teks yang mudah dibaca
  • Desain visual yang harmonis
  • Layout yang simpel
  • Alur yang mudah dimengerti
  • Menu navigasi yang jelas

Tetapi di luar itu semua harus ada karakter yang tepat, yang sesuai dengan misi dan latar belakang website tersebut. Gambaran mudahnya untuk website sebuah perusahaan finansial karakter yang dibangun secara visual harus memberi kesan profesional, aman, formal, dan sekaligus bisa mengambil kepercayaan pengunjung website. Sedangkan website personal, ataupun blog personal, bisa ditampilkan lebih santai, informal, hangat, tidak terlalu kaku dan menuntut, sehingga pengunjung bisa merasakan kedekatan dengan pribadi pemilik website. Bisa saja website personal menampilkan kesan ceria, aktif, dan dinamis, atau bisa juga misterius, atau lainnya, tergantung personality yang ingin ditampilkan oleh pemilik website kepada pengunjungnya.

Sebagai contoh, website di bawah ini :

Apa yang anda rasakan saat melihat tampilan website di atas? well, selain warnanya yang stunning seru, mungkin perhatian kita juga akan tertuju ke bentuk hurufnya yang bervariasi tetapi kurang tepat. sehingga kesan yang saya dapatkan adalah tampilan website ini terlalu ramai oleh warna tetapi miskin informasi. Mungkin dapat kita kategorikan website ini sebagai Annoying Site.

kita bandingkan dengan website di bawah ini:
Yang menarik perhatian saya pertama kali adalah penggunaan warnanya yang simpel, gradasi dari warna biru, cukup enak dilihat apabila kita termasuk orang yang betah berlama-lama di depan komputer. Pemilihan hurufnya tepat, layout nya juga simpel, serta memiliki menu navigasi yang jelas. Dan pastinya untuk para mahasiswa kere dan lemah seperti kita (mengutip kata-kata asdos tercintah kita :D), website ini sangat fungsional. Jadi kategori website ini menurut saya adalah Intersting Site.

Well, itu pendapat saya tentang website yang menarik dan menjengkelkan. Mohon sharingnya menurut teman-teman semua. Salam

6 komentar:

  1. G64134011: menurut saya tampilan website pertama ketika dilihat bikin sakit mata karna warna terlalu terang dan rame,sehingga fokus pertama ke warna bukan tulisan/informasinya...membuay saya tidak betah berlama lama d website tsb..

    BalasHapus
  2. ya saya setuju pada website paling atas background nya bikin sakit mata karena warna-warni,terlalu mencolok, pemilihan font nya juga tidak bagus sangat norak kalau menurut saya. : D

    BalasHapus
  3. aduh itu ada pelangi bener bener musingin

    BalasHapus
  4. Penggunaan warna yang kurang tepat , tidak nyaman di pandang, sehingga orang tidak akan lama / betah untuk lama" di website tersebut

    BalasHapus
  5. Blink2.. :D
    katanya pelangi itu indah, tapi tidak kali ini, hahhaa

    BalasHapus