Setelah sebelumnya membahas prinsip ke-sembilan, help users recognize, diagnose, and recover from errors, kali ini kita membahas prinsip ke-sepuluh dari prinsip usability ini adalah help and documentation yang sekaligus merupakan prinsip terakhir.
Even though it is better if the system can be used without documentation, it may be necessary to provide help and documentation. Any such information should be easy to search, focused on the user's task, list concrete steps to be carried out, and not be too large.
Inti dari prinsip ini adalah sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan sistem.
Dalam situs contoh, tidak ditemukan bantuan dan dokumentasi mengenai situs tersebut. Hanya ada sedikit pemberitahuan/disclaimer di bagian panel bawah seperti dibawah ini. Seharusnya situs apapun itu, sesederhana apapun, harus memberikan bantuan dan dokumentasi kepada user mengenai situsnya.
Berdasarkan severity ratings versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0 - 4, permasalahan usability ini diberi rating 3. Artinya permasalahan in termasuk pada kategori Major usability problem: important to fix, so should be given high priority. Artinya penting untuk diperbaiki dan termasuk prioritas yang tinggi.
Dan dengan ini, selesai sudah pembahasan mengenai prinsip heuristik, metode yang umum digunakan untuk mengevaluasi tampilan antar muka sebuah situs. See you next on other topic ...
Dan dengan ini, selesai sudah pembahasan mengenai prinsip heuristik, metode yang umum digunakan untuk mengevaluasi tampilan antar muka sebuah situs. See you next on other topic ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar